Friday, November 9, 2018

Kebun Bunga Telang Martani Karangmojo

Ini adalah kebun bunga telang yg mulai ditanami bulan Maret lalu. Sudah 8 bulan lah sampai November ini. Menjadi kebun percobaan permakultur dengan pola tanam telang diselingi sayuran dan buah lain.

Video youtube kebun bunga telang Martani Prambanan.
https://www.youtube.com/watch?v=H1W8L3uu18E


Kebun bunga mengundang aneka serangga. yang bagus untuk terjadinya penyerbukan tanaman buah-buahan. Mau dong buah mangga, jambu, sirsak diserbuki serangga sehingga menghasilkan panenan yg ranum segar.

Telang Tumpuk
Bunga telang tumpuk punya rimbun yg berbeda dengan telang single. Jumlah daunnya lebih jarang, batang lebih menjalar.

Sereh Wangi diantara Telang
Kami menanam sereh wangi diantara bunga telang. Sereh wangi berbeda dengan sereh biasa yg masak. Daun sereh wangi adalah bagian yang dipanen. Dikeringkan dengan matahari atau oven. Kemudian menjadi bahan campuran tisane herbal wedang yang mantap.

Telang Single
Ada pohon telang yang kami biarkan bunganya tidak dipanen agar menjadi buah. Kami mendistribusikan biji bunga telang kepada masyarakat.

Bunga Telang Pewarna Alami Makanan
Bunga telang tumpuk memiliki 5 petal bunga sedangkan telang single hanya memiliki satu lembar saja.


Mbah Budi Menjelaskan Kebun Bunga Telang
Kebun menjadi lokasi belajar untuk masyarakat sekitar dan konsumen Martani yang ingin tahu bagaimana membudidayakan bunga telang.
Oge Membuat Kompos Kohe Kelinci dan Serasah Daun dan Rumput
Oge membuat pupuk sendiri untuk kebun bunga telang dari bahan yang ada. Kohe (kotoran hewan) kelinci peliharaannya dicampur dengan tanah, daun bambu, rumput alang-alang, serasah daun kering, sisa sayuran. Potong kecil, aduk, disusun berlayer. Siraman fermentasi kombucha sebagai starter kami gunakan. Masukkan ke dalam ember, tutup plastik. Satu minggu kemudian, pupuk siap digunakan.

Video youtube pembuatan pupuk kompos campuran sampah dapur, rumput ilalang, dan kencing kelinci.
https://www.youtube.com/watch?v=9PKzH0q5cgs



Info tentang kombucha fermentasi bisa dilihat di artikel sebelumnya.

Silakan datang ke kebun bunga telang Martani Karangmojo saat anda ke Jogja. Lokasi kebun kami hanya 500 meter dari pintu barat Candi Prambanan. Pinarak.

Kontak Ve 0856.9222.6002
Follow IG @martani.organic

No comments:

Featured Post

Warung KaTa PerJAMUan Darmaga Bogor

Perjalanan Martani mengenalkan bunga telang sebagai satu rempah negri ini, terus berlanjut ke Darmaga. Sebuah warung yang kami sebut Warung ...