Tuesday, October 16, 2018

Wedang Martani Bunga Telang

Wedang adalah istilah umum yang digunakan orang Jawa untuk segelas minuman berbahan dasar rempah, berasosiasi dengan minuman panas atau hangat. Wedang kopi, teh, jeruk, jahe, ronde, dan wedang uwuh. Identik banget dengan Jogja nih wedang uwuh yaitu campuran antara aneka dedaunan mirip sampah / uwuh, parutan kayu secang yang memberikan warna merah dan jahe yang memberikan rasa hangat. Tambahan daun & buah cengkeh, kayu & daun kayu manis, pala & daun pala, akar sereh & daun sereh, kapulaga dan gula batu sebagai pemanis.

Wedang Martani = bunga telang, rosela, sereh wangi dan kapulaga.
Keinginan untuk menyajikan aneka racikan herbal Nuswantara semakin menggumpal ketika tawaran kami atas bunga telang diterima publik luas. Bunga telang yang dianggap berasal dari Thailand, ternyata bisa dijumpai juga dan malah berlimpah tumbuh di banyak penjuru Indonesia. Beberapa petani kami dampingi agar mampu memproduksi panenan bunga telang dalam bentuk ajeg dan kualitas yang baik.

Wedang Martani Ungu Bunga Telang
Hidangan teh biru bunga telang semakin marak bisa ditemui di banyak warung, cafe dan restoran. Beberapa kuntum bunga telang seduh air panas akan menghasilkan segelas teh biru yang segar dan menyehatkan. Segar karena dalam prosesnya tidak ditambahkan zat pengawet. Menyehatkan karena bunga telang dikenal memiliki antocianin dalam jumlah yang tinggi.

Wedang Martani diseduh air panas untuk menghangatkan badan sekaligus antioksidan sehat.
Bunga telang dan rosela saat diseduh bersamaan akan mengeluarkan warna magenta yang cantik. Tambahan kapulaga dan sereh wangi memberi rasa semriwing khas herbal.

Pertanyaan yang biasa kami terima saat mengenalkan wedang herbal adalah, apa khasiatnya? Berikut cuplikan yang kami googling dan testimoni konsumen Martani. Intinya sih ya memilih hidup sehat, mengontrol asupan makanan yang tidak bergula, tidak berpengawet, dan bukan pewarna kimia buatan pabrik. Jika ada yang alami, kenapa ambil yang pabrikan toh.

Bunga rosela (Hibiscus sabdariffa) tanaman khas Afrika yang sudah banyak dibudidayakan lokal. Menghilangkan efek mabuk dan mencegah dan mengobati batuk. Dikenal sebagai minuman mereka yang sedang diet karena rasa asam segarnya.

Kutipan Wiki ....
Khasiat rosela antara lain untuk menurunkan asam urat, Hipertensi, Diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan Tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol.

Pemanfaatan kelopak bunga Rosela sudah dikenal dan diteliti baik oleh pakar kesehatan modern maupun pakar kesehatan tradisional di berbagai negara di dunia. Kelopak bunga tersebut diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Sereh atau serai merah atau serai wangi (Cymbopogon nardus) berbeda dengan sereh dapur. Kandungan citronella oil - nya sereh wangi tinggi makanya banyak diekstraksi dibuat minyak atsiri. Punya khasiat meredakan nyeri oleh karenanya banyak digunakan pengusaha minyak urut untuk campuran dan pengharumnya. Sedangkan jika dikonsumsi akan memberikan rasa hangat di perut, membuang gas dan menekan bakteri jahat.

Kapulaga (Amomum compactum) biasanya khan dipakai masak rempah yang punya cita rasa kuat. Soto tanpa kapulaga apalah jadinya. Kapulaga mengandung minyak atsiri dan sekian banyak kandungan rasa yang orang awam mengenalnya sebagai obat batuk dan mencegah keropos tulang.

Wedang Martani Telang Rosela
Seduh air panas satu plastik wedang martani. Atau bisa juga digodok dengan 300 ml air. Warna ungu adalah campuran antara birunya bunga telang dengan merahnya rosela. 


Berikut potongan youtube:
 

Untuk mendapatkan wedang martani silakan menghubungi Kak Ve 0856.9222.6002 di Prambanan Jogja. Mampirlah saat dolan nang Candi Prambanan, workshop kami hanya 500 meter dari candi. Siapa juga yang tidak main ke Jogja khan hehe.

Olshop juga boleh, memang jamannya serba online khan.

Shopee: www.shopee.co.id/maguantara5678

Tokopedia: www.tokopedia.com/martanijogja

Bukalapak: www.bukalapak.com/martanindonesia

Wedang Martani Dikemas Per Lima Bungkus
Wedang dalam Bahasa Sunda artinya air nira yang sudah digodok. Wah seperti apa rasanya campuran antara air nira dan teh biru bunga telang, bisa jadi nira biru bunga telang yak. Mari terus mengeksplorasi Nuswantara. Padu-padan tidak melulu untuk baju atasan dan bawahan tapi juga mari kita berlakukan untuk herbal yang jelas jumlahnya banyak di negri ini.

1 comment:

Purwanto said...

Suka banget dengan wedang-wedang tradisional. Tapi wedang telang saya belum pernah coba, sepertinya enak nih.

Featured Post

Warung KaTa PerJAMUan Darmaga Bogor

Perjalanan Martani mengenalkan bunga telang sebagai satu rempah negri ini, terus berlanjut ke Darmaga. Sebuah warung yang kami sebut Warung ...