Rabu, 17 Oktober 2018

Deep Purple Telang Jeruk Rosella

Teh biru bunga telang boleh
Jeruk ungu bunga telang asik juga
Tambah rosela jadilah deep purple jossss...
Buat sendiri minuman mu
Bahannya bunga telang tentunya. Perasan jeruk nipis, jeruk garut, jeruk medan, jeruk apa aja lah. Mimin sih suka jeruk lokal karena jeruk impor larang (mahal).
Deep Purple Telang Jeruk Rosela

Teh Biru Bunga Telang

Versi panas teh biru bunga telang ...
Seduh 5 bunga telang dengan segelas air panas. Taraaaaa.... siap dihidangkan. Pelanggan akan menikmati bagaimana warna biru meluntur dari si biru bunga telang. It's a magic tea!
Dingin atau panas josss ....
Menikmati teh biru tanpa atau dengan gula boleh .... 
Gulanya jangan banyak2 ya Kak. Hehe kontrol asupan gula harian katanya. Biar dagu gak mendua dan perut tidak berlipat, dan hindari penyakit generatif seperti diabetes gitu sih.
Gambar 1. Tuang Sirup Biru Bunga Telang 
Apa tuh sirup biru ...
Ambil 5 gram (sejumput) bunga telang kering. Masukkan ke dalam panci. Tambahkan 500 ml (dua gelas). Didihkan. Tambahkan 1/4 gr gula putih (25 sendok).

Gambar 2. Masukkan Es Batu
Es batu bentuk pipa hole banyak dijual sekarang. Praktis lah jaman now. Satu plastik ukuran 30 cm harganya 2 ribu di Prambanan. Boleh juga menggunakan es batu yg balokan dan dihancurkan. Bebas lah.
Gambar 3. Tambahkan Air Putih
Tambahkan air putih untuk pengencerean sampai batas yang diinginkan.

Gambar 4. Teh Biru Bunga Telang Siap Dihidangkan
Nah teh biru bunga telang siap dihidangkan. Menu baru di warung dan cefe anda, monggo dicoba. Bikin pelanggan klepek-klepek dengan kesegarannya. Ini versi es biru bunga telang.



Youtube pembuatan Deep Purple Telang Martani bisa dilihat di link berikut 

Es Jeruk Ungu Bunga Telang

Lanjut nih dari es teh biru di atas.
Tambahkan perasan jeruk yang sudah diencerkan dengan penambahan air putih. Bisa juga perasan jeruk murni. Sesuai selera keasaman yang diinginkan.

Gambar 5. Jeruk Ungu Bunga Telang
Perasan jeruk yang ditambakan ke sirup biru berubah menjadi ungu. Es batu menjadi penghalang bercampurnya air biru dan air jeruk, dengan sedikit pengadukan warna ungu akan terbentuk. Sirup biru akan bertahan di bagian bawah karena berat jenis gula lebih berat.

Nah sampai di sini, jeruk ungu bunga telang sudah siap dihidangkan. Sudah dua tuh menu baru rasa asam segar untuk warung dan cafe Agan. Masih mau tambah menu baru, nih si deep purple yak...

Deep Purple Telang Jeruk Rosela

Rosela atau hibiscus dikenal sebagai tanaman introdusir dari Afrika. Tahun 2000an bunga rosela booming dan banyak orang menanam tanaman yang dikenal tahan terhadap kekeringan ini. Banyak mengandung vitamin C dan punya rasa asam. Cocok dipadukan dengan si biru bunga telang.
Gambar 6. Tambahkan Seduhan Rosela Merah ke Jeruk Ungu
Tambahkan seduhan rosela ke dalam jeruk ungu bunga telang. Nikmati pemandangan cantik saat sang rosela merah turun melewati tumpukan es batu dan bergabung dengan jeruk ungu.

Gambar 7. Tambahkan Perasan Jeruk



Gambar 8. Perasan Jeruk dan Bunga Telang
Gambar 9. Perasan Jeruk dan Bunga Telang
Tambahkan lagi perasan jeruk di bagian atas.

Gambar 10. Tambahkan Rosela Tipis-tipis
Penambahan rosela di toping menambah lapisan cantik merah.

Deep Purple Telang Jeruk Rosela

Kontak Kak Ve 0856.9222.6002
Follow IG @martani.organic


Deep Purple Telang Jeruk Rosela



Cara Pembuatan Teh Biru Bunga Telang Deep Purple

Menghidangkan minuman sehat untuk keluarga adalah idaman semua kita. Gak pengen dong ngasih minuman yang isinya pewarna, pemanis buatan melulu. Nih kami tuliskan cara pembuatan teh biru, jeruk ungu dan deep purple. Dari satu bach bunga telang aja sudah bisa menyajikan tiga jenis minuman berbeda. Monggo dipraktekkan Kak.

Gambar. Deep Purple Bunga Telang, Jeruk dan Rosela.
Bunga telang bisa dihidangkan aneka rupa. Diseduh air panas, diminum hangat enak. Tambah es juga boleh. Tambah gula bagi yang suka manis. Tambah madu juga ok. Tambah perasan jeruk dan seduhan rosela untuk menambah rasa dan menikmati wedang tisane warna merah, ungu, magenta. Wah warna apalah tuh deep purple... cakep deh ....

Siapkan semua bahan. Dalam gambar 1 sudah tersaji satu gelas teh biru pekat, satu gelas perasan jeruk nipis yang sudah dieencerkan, seduhan rosela.

Teh Biru
Ambil sejumput, sekitar 20 bunga telang kering siap seduh. Tambahkan air panas ke dalam gelas. Tambahkan 2 sdt gula, selera ya seberapa manis yang diinginkan. Beberapa orang memilih tidak menambahkan gula sama sekali, beberapa mengganti dengan madu atau gula batu.

Untuk kebutuhan sajian deep purple ini, ada baiknya gula dilarutkan barengan bunga telangnya, menjadi sirup biru bunga telang. Cairan biru bunga telang yg bergula menjadi pemberat, bertahan di dasar gelas, layer atau lapisan biru akan terbentuk dengan mudah.

Perasan Jeruk
Ambil satu buah jeruk nipis, cuci bersih, tekan-tekan sampai jeruk menjadi empuk. Ini memastikan air perasan lebih banyak. Potong melintang juga agar air perasan jeruk banyak keluar. Tambahkan air putih tawar karena satu buah saja sudah asam banget lho.

Seduhan Rosela
Ambil 5 kuntum rosela. Seduh air panas 1/4 gelas. Biarkan dingin sebelum dicampurkan.

Gambar 1. Siapkan Teh Biru, Perasan Jeruk dan Seduhan Rosela
Siapkan es batu ke dalam wadah yg memudahkan pengambilan. Bisa es batu yg bentuk pipa, bisa juga es batu yg hasil pukulan, bentuknya tidak beraturan. Menurut pengamatan kami, es batu yg bentuknya teratur seperti pipa begini, lebih cepat lumer. Juga membuat lapisan tidak mudah terbentuk.

Silakan coba-coba sendiri ya Kak. Namanya juga eksperimen khan asik-asik seru kalau kita manuver sesuai selera dan kebutuhan.

Gambar 2. Tuang Sirup Biru Bunga Telang ke dalam Gelas Saji
Tuang sirup biru bunga telang ke dalam gelas saji. Pastikan sirup tidak dalam kondisi panas ya.
Gambar 3. Tuang Sirup Biru ke Gelas Saji Setinggi 2 cm
Kami menggunakan gelas kecil untuk sajian. Pakai gelas tinggi boleh juga. Tuang setinggi 2 cm saja atau sesuaikan dengan ukuran tinggi gelas. Tipis-tipis saja Kak ....

Gambar 4. Masukkan Es Batu ke dalam Sirup Biru Bunga Telang
Satu persatu masukkan es batu ke dalam sirup biru bunga telang. Penuhi gelas dengan es batu. Saat gelas penuh dengan es batu, akan memberi atraksi menarik saat jeruk dituang.

Gambar 5. Tambah Es Batu Penuhi Gelas Saji
Jika ingin menambahkan air putih tawar ke dalam gelas, lakukan setelah gelas dipenuhi dengan es batu. Campuran antara air dan tetesan es akan memberi gradasi warna biru muda. Masukkan air dengan perlahan agar layer biru terbentuk cantik.
Gambar 6. Sirup Biru Bunga Telang Es Batu Siap Ditambah Perasan Jeruk
Di demo ini, kami tidak menambahkan air putih karena ukuran gelasnya kecil. Seperempat gelas sudah dipenuhi teh biru bunga telang, kemudian es batu. Tahapan berikutnya adalah penambahan perasan jeruk. Bersiap menikmati perubahan warna si magic tea bunga telang.

Gambar. Tuangkan Perasan Jeruk ke Teh Biru Bunga Telang
Tuang perlahan perasan jeruk ke dalam gelas teh biru bunga telang. Jika ingin melihat lapisan yg jelas antara biru dan ungu, pastikan sirup biru bunga telang kental. Masukkan air jeruk perlahan, pergunakan sendok, sehingga penambahan air jeruk tidak mengganggu sirup birunya. Perubahan warna ungu terjadi ketika air jeruk bertemu air biru telang. Adanya es batu juga melindungi pertumburan langsung.

Gambar. Penambahan Jeruk Mengubah Teh Biru Menjadi Ungu Deep Purple
Jeruk ungu siap dihidangkan. Cantik kan. Tidak kalah dengan minuman ala cafe.

Gambar. Jeruk Ungu Siap Dihidangkan
Tambahkan seduhan rosela di bagian atas jeruk ungu. Pergunakan sendok agar lapisan tipis rosela merah terbentuk.

Youtube pembuatan teh biru bunga telang bisa dilihat di link berikut:


Link:


Kontak Kak Ve 0856.9222.6002
Follow IG @martani.organic



Selasa, 16 Oktober 2018

Angkringan Biru Bunga Telang Mas Blegur

Apa yang kebayang saat pertama kali mendengar kata angkringan? Yes Jogja tentunya. Angkringan dan nasi kucing tambah es teh atau es jeruk adalah the fav lah untuk para turis dari pelosok Nuswantara. Kenapa bisa begitu ya ... karena eh karena ....

Ngangkring adalah kebiasaan yang dimiliki orang Jogja. Nongkrong sore sambil ngalor-ngidul melepas lelah setelah seharian macul di sawah, berdagang keliling kampung. Rasanya sih gak banyak juga pegawai kantoran yang suka ngangkring sore atau malam hari yah. Seringnya mereka makan cepat di angkringan saat break makan siang sih. Ah ini bukan hasil survey dan pencatatan BPS kuy, hanya pengamatan cepat di angkringan tetangga workshop kami di Martani Karangmojo.

Angkringan Mas Blegur di Dusun Tulung Desa Tamanmartani Kalasan Sleman
Bulan Oktober ini Mas Blegur memindahkan angkringannya ke depan rumahnya dari tempat biasanya mangkal di pinggir jalan Desa Tamanmartani. Malah enak jualan depan rumah katanya. Tetangganya tentunya yang menikmati sangat karena bisa jajan dengan cepat. Hidangan es teh adalah the fav warga Tulung. Gorengan buatan istrinya Mas Blegur siapa cepat dia dapat, sikat sekejap habis. Nasi kucing dan kriuk-kriuk tetep aja ada yang nyantap saat malam menjelang. Pada saat tertentu, nasi kucing biru bunga telang juga terhidang (RSVP yaaaaa).

Mimin sih suka gorengan gadung dan keripik ubi ungu. Seribu satu kantong sudah sibuk mulut mengunyah. Ditemani obrolan malam tentang PKH, Program Keluarga Harapan. Sapu jagat dari program raskin pemerintah komentar seorang pengunjung angkringan. Memang ngobrol di angkringan sih nyantai wae, gak perlu formal memperkenalkan diri hihi. Mengalir dingin seperti es teh hehe.

Es jeruk yg ditambah toping teh biru SEBELUM diaduk menjadi jeruk ungu
Asiknya lagi ada menu jeruk plus telang. Si Mbah Budi sang petani bunga telang adalah ayahnya Mas Blegur. Bagian dari mempromosikan teh herbal sehat bunga telang adalah menyediakan menu ini di angkringannya.

Es jeruk yang dituangi teh biru. Ini tampilan sebelum diaduk. Ada lapisan antara jeruk dan teh biru. Setelah diaduk warnanya berubah menjadi ungu. Rasanya ya es jeruk biasa.



Tampilan jeruk ungu di angkringan:

https://www.youtube.com/watch?v=NLK-TrULSFE

Menikmati jeruk ungu hasil petik petani lokal bisa dilakukan di angkringan. Gak harus ke cafe untuk menyeruput es teh biru. Petik sendiri, jual di kalangan masyarakat setempat, menciptakan pasar dan ekonomi lokal dengan produk sehat.

Mari main ke desa pinggiran Candi Prambanan ...

Kontak Ve 0856.9222.6002 untuk detil info dan pengaturan reservasi angkringan. Eaaaaa angkringan pake reservasi ....

Wedang Martani Bunga Telang

Wedang adalah istilah umum yang digunakan orang Jawa untuk segelas minuman berbahan dasar rempah, berasosiasi dengan minuman panas atau hangat. Wedang kopi, teh, jeruk, jahe, ronde, dan wedang uwuh. Identik banget dengan Jogja nih wedang uwuh yaitu campuran antara aneka dedaunan mirip sampah / uwuh, parutan kayu secang yang memberikan warna merah dan jahe yang memberikan rasa hangat. Tambahan daun & buah cengkeh, kayu & daun kayu manis, pala & daun pala, akar sereh & daun sereh, kapulaga dan gula batu sebagai pemanis.

Wedang Martani = bunga telang, rosela, sereh wangi dan kapulaga.
Keinginan untuk menyajikan aneka racikan herbal Nuswantara semakin menggumpal ketika tawaran kami atas bunga telang diterima publik luas. Bunga telang yang dianggap berasal dari Thailand, ternyata bisa dijumpai juga dan malah berlimpah tumbuh di banyak penjuru Indonesia. Beberapa petani kami dampingi agar mampu memproduksi panenan bunga telang dalam bentuk ajeg dan kualitas yang baik.

Wedang Martani Ungu Bunga Telang
Hidangan teh biru bunga telang semakin marak bisa ditemui di banyak warung, cafe dan restoran. Beberapa kuntum bunga telang seduh air panas akan menghasilkan segelas teh biru yang segar dan menyehatkan. Segar karena dalam prosesnya tidak ditambahkan zat pengawet. Menyehatkan karena bunga telang dikenal memiliki antocianin dalam jumlah yang tinggi.

Wedang Martani diseduh air panas untuk menghangatkan badan sekaligus antioksidan sehat.
Bunga telang dan rosela saat diseduh bersamaan akan mengeluarkan warna magenta yang cantik. Tambahan kapulaga dan sereh wangi memberi rasa semriwing khas herbal.

Pertanyaan yang biasa kami terima saat mengenalkan wedang herbal adalah, apa khasiatnya? Berikut cuplikan yang kami googling dan testimoni konsumen Martani. Intinya sih ya memilih hidup sehat, mengontrol asupan makanan yang tidak bergula, tidak berpengawet, dan bukan pewarna kimia buatan pabrik. Jika ada yang alami, kenapa ambil yang pabrikan toh.

Bunga rosela (Hibiscus sabdariffa) tanaman khas Afrika yang sudah banyak dibudidayakan lokal. Menghilangkan efek mabuk dan mencegah dan mengobati batuk. Dikenal sebagai minuman mereka yang sedang diet karena rasa asam segarnya.

Kutipan Wiki ....
Khasiat rosela antara lain untuk menurunkan asam urat, Hipertensi, Diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan Tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol.

Pemanfaatan kelopak bunga Rosela sudah dikenal dan diteliti baik oleh pakar kesehatan modern maupun pakar kesehatan tradisional di berbagai negara di dunia. Kelopak bunga tersebut diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Sereh atau serai merah atau serai wangi (Cymbopogon nardus) berbeda dengan sereh dapur. Kandungan citronella oil - nya sereh wangi tinggi makanya banyak diekstraksi dibuat minyak atsiri. Punya khasiat meredakan nyeri oleh karenanya banyak digunakan pengusaha minyak urut untuk campuran dan pengharumnya. Sedangkan jika dikonsumsi akan memberikan rasa hangat di perut, membuang gas dan menekan bakteri jahat.

Kapulaga (Amomum compactum) biasanya khan dipakai masak rempah yang punya cita rasa kuat. Soto tanpa kapulaga apalah jadinya. Kapulaga mengandung minyak atsiri dan sekian banyak kandungan rasa yang orang awam mengenalnya sebagai obat batuk dan mencegah keropos tulang.

Wedang Martani Telang Rosela
Seduh air panas satu plastik wedang martani. Atau bisa juga digodok dengan 300 ml air. Warna ungu adalah campuran antara birunya bunga telang dengan merahnya rosela. 


Berikut potongan youtube:
 

Untuk mendapatkan wedang martani silakan menghubungi Kak Ve 0856.9222.6002 di Prambanan Jogja. Mampirlah saat dolan nang Candi Prambanan, workshop kami hanya 500 meter dari candi. Siapa juga yang tidak main ke Jogja khan hehe.

Olshop juga boleh, memang jamannya serba online khan.

Shopee: www.shopee.co.id/maguantara5678

Tokopedia: www.tokopedia.com/martanijogja

Bukalapak: www.bukalapak.com/martanindonesia

Wedang Martani Dikemas Per Lima Bungkus
Wedang dalam Bahasa Sunda artinya air nira yang sudah digodok. Wah seperti apa rasanya campuran antara air nira dan teh biru bunga telang, bisa jadi nira biru bunga telang yak. Mari terus mengeksplorasi Nuswantara. Padu-padan tidak melulu untuk baju atasan dan bawahan tapi juga mari kita berlakukan untuk herbal yang jelas jumlahnya banyak di negri ini.

Minggu, 13 Mei 2018

Anak Milenia dan Bunga Telang

Mari kita buat perubahan dari desa tempat kita tinggal. Kalau selama  ini, yg buat gelombang adalah orang kota, mari kita berbenah dan melihat kembali apa yg ada di desa. Tinggal di Dusun Tulung, Desa Tamanmartani, tidak menjadikan kami di Martani terbelakang dan tidak menyumbang kepada derap pembangunan. Acara rutin ngobrol ngalor-ngidul rutin terjadi di Pawon Martani Tulung Kalasan.

Kok bisa?

Anak muda di Pawon Martani Tulung Kalasan
Bisa!

Mahasiswa Peneliti dan Penelitian Bunga Telang 

bb

Dari Bunga Telang ke Batik Bayat Pewarna Alam

bb





Petani Bunga Telang

Siapa petani produsen bunga telang?

Perkenalkan ini si Mbah petani bunga telang di Dusun Tulung, Desa Tamanmartani, Kalasan Jogjakarta. Pada awalnya kami kesulitan mencari kawan petani yg mau lahannya ditanami bunga telang.
150 Bunga Telang Segar per Pohon per Hari. Mau?

Ketekunan Kunci Keberhasilan

Dari awal waktu kita bertemu di pertengahan tahun 2016, si Mbah memang sudah pengecualiaan. Dia tidak menyemprot herbisida untuk mematikan rumput di sela tanaman sayuran di kebun dan sawahnya.

Ora ngerti nyemprot, begitu katanya. Tidak pernah nyemprot (herbisida-red).

Kenapa Mbah?

Panenan Harian Bunga Telang
xxx
Bunga Telang Single dan Bunga Telang Tumpuk

Biji Bunga Telang
Pada awalnya kami tidak menjual biji bunga telang. Kami memberikan biji bunga telang kepada pembeli produk Martani Pangan Sehat yg berminat menanam bunga telang. Keinginan untuk bukan saja menyediakan bahan pangan sehat tetapi juga melakukan ajakan tentang pentingnya menyadari soal gaya hidup sehat. Bahayanya pewarna makanan sintetis yg banyak ditemukan. Sedangkan kita punya banyak pewarna alami di sekitaran kita yg numbuhinnya tidak susah.

Jeruk Ungu Bunga Telang
Bunga telang seduh air panas.

Chiffon Cake Glutenfree Biru Bunga Telang

Mei 2017 Permakultur Bunga Telang & Cabai





Selasa, 24 April 2018

Tumpeng Biru Bunga Telang

Gambar tumpeng ini diambil di Warung PSSM Martani Prambanan tahun 2015, di awal saat kami baru pindah ke Jogja. Wiji sang chef Bayat yg membuat nih tumpeng dibantu Bu Mul, andalan kami tempat belajar aneka masakan dan pertanyaan seputaran menjadi pedagang. Bu Mul punya lapak di Pasar Tulung. Jualan setiap pagi jamu kencur dll dan gudangan untuk sarapan. Dari beliau kami belajar banyak bagaimana cara juggling bertahan hidup dengan berdagang. Orang di desa tuh asiknya begitu. Saling membantu agar maju bersama.

Seorang tetangga desa memesan tumpeng biru setelah mereka (sepasang suami istri) mampir merncicipi pecel suguhan menu kami. Tawaran tumpeng biru memang menarik karena saat itu masih jarang orang mengkonsumsi nasi biru. Nih ibu punya acara kumpul2 besok Minggu di rumahnya jadi membutuhkan suguhan tumpeng. Tempe orak-arik dan suir ayam organik menjadi lauknya.

Darimana warna biru tumpeng bunga telang? Begini ceritanya dimulai dari tampilan tumpeng biru di Warung PSSM Martani Bugisan, sampai kondisi kebun bunga telang Martani di Tulung Tamanmartani Kalasan setahun kemudian.

Tumpeng Biru Bunga Telang
Pohon bunga telang yg kami miliki hanya beberapa buah yg tumbuh di halaman warung. Setiap pagi dipetik dan dikeringkan untuk persiapan jika ada pesanan nasi biru atau jualan di pasar komunitas setiap hari Jumat sore. Memang demand bunga telang sebagai pewarna alam makanan belum sengehits tahun 2018 sekarang ini. Kami merintis dari bawah bagaimana mengenalkan publik dengan potensi bunga telang.

Okt 2017. Kebun Bunga Telang Martani Tulung Kalasan.
 Pada bulan Oktober 2017, produksi bunga telang dari kebun si Mbah di Dusun Tulung sudah mulai ajeg. Sehari beliau bersama istri dan anaknya, bisa menghasilkan sekitar 100 gram bunga telang kering. Belum terlalu banyak saat itu produksinya. Kami masih bergulat tentang cara mengeringkan dengan panas matahari yg efektif, tidak gosong tapi tetep kriuk agar bisa disimpan lebih awet tanpa pengawet tambahan.

Si Mbah Panen Bunga Telang Setiap Pagi
Panen bunga telang dilakukan setiap pagi saat tidak hujan. Kami mengundang anda untuk ikut serta panen bunga telang. Satu persatu bunga dipetik dari pohon bunga telang yg rimbun membentuk satu semak. Warna bunga biru mencolok diantara dedaunan kecil berwarna hijau.

Keranjang Belanjaan Penuh Hasil Panen Dari Kebun Tanpa Semprot Pestisida
Pastikan membawa keranjang saat pergi ke kebun. Nah bawa keranjang tuh penting banget bukan hanya saat belanja ke pasar agar kita tidak memakai plastik kresek, tapi juga saat pergi ke kebun. Setiap harinya ada aja yg bisa dipanen. Bagus untuk masak nanti siang. Khan gak perlu lagi belanja sayuran ke pasar. Tinggal nambahin bumbu2 lah, bawang, brambang.

Bunga kenikir kuning tumbuh subur di kebun diantara tanaman telang. Pastikan memetik daun mint agar bisa ngeteh nyantix ntar pas pulang dari kebun. Badan segar terkena matahari pagi. Gak perlu repot ngeluarin uang untuk ngejim fitness dll. Sambil mempersiapkan panganan harian keluarga.

Bunga Telang Tumpuk
Terdapat dua jenis bunga telang yg warna birunya bisa diekstrak. Bunga telang tumpuk dan single.

Bunga Telang Single
Clitoria ternatea nama latin bunga telang.




Minggu, 15 April 2018

Tentang Bunga Telang Martani Prambanan

About Us

Inilah kesempatan untuk bercerita tentang siapa, apa, bagaimana, kami dengan bunga telang. 

Mengutip ajakan facebook di Pages TEH BIRU BUNGA TELANG, https://www.facebook.com/Bungatelangbutterflypea/ atau punya akun @bungatelangbutterflypea. 

sok dikasih ruang dan waktu utk menceritakan apa yg paling penting menurutmu yg ingin kamu bagi kepada dunia. nahhh khan gak yakin jugaaaa. mulai ajah bercerita, daftar mimpi misalnya, photo the fav, kejadian di tim mu, daftar resep eksperimen mu. 

itu juga kalo punyaaaa..... Kebetulan kami punya banyak cerita. Memang hari2 kami isi dengan berbuat, berkarya agar di sore hari kami punya sesuatu untuk diceritakan. Mau cerita apa kalau gak ngerjain apa2 di siang harinya. Ngutip orang boleh, tapi teteppppp kerjain juga lah. Semangat kampanye mengajak bersih lingkungan, tapi di rumahnya sendiri ajah gak ada komposter, sampah dapur dan plastik dijadikan satu dimasukkan ke dalam kantong plastik, membiarkan tukang sampah bekerja dan truk sampah ngangkut sampah baukkkk buzuxxx melewati jalan2 aspal. Ah kasihan. Padahal tuh sampah dapur bisa banget jadi makanan vitamin pupuk untuk tanaman sayuran yg bisa anda tanam di halaman depan rumah.

Our Tagline; OLAH RASA MBANGUN JIWA

Pengennya petani sejahtera dengan hasil panenan dan cara tanam mereka yg ramah lingkungan. konsumen mengapresiasi produk panenan petani dan benih lokal, dan mencintai para artisan pembuat makanan dan kerajinan tangan Nuswantara.

Bunga telang si pewarna alami makanan. Diseduh menjadi teh biru bunga telang. Ditambahkan perasan jeruk, dan es, jadilah segelas jeruk ungu. Diaron dengan beras jadilah nasi biru bunga telang.

Kelak konsumen cerdas yg mengenal asal-usul makanan dan pembuatnya, akan terbentuk. Mereka yg tahu soal 5 P, pengawet, pewarna, pemanis, perasa, pengenyal sintetis dari pabrikan yg diproduksi masal dibuat tanpa cinta. Lebih memilih pewarna alami makanan yg sehat, yg dipetik dari halaman rumahnya, dimasak saat segar daripada milih produk impor. Iyah sih barang impor tuh dikemas cantik2, diiklankan di TV gede2an, sampai kita gak sadar saat kita ke supermarket (yg memang sudah disetting sedemikian rupa sejalan dengan iklan2 bilboard dimana2), ambil2 ajah tuh barang tanpa mampu memilah sebenarnya kita beneran butuh tuh barang atau kebawa arus ajah. Lemari di dapur stok bulanan dipenuhin agar persedian aman. Tapi sebenernya sehari2 kita akan sibuk jajan2 di luar rumah, gak sempat juga masak. 

Olah rasa mbangun jiwa.



Olah rasa mbangun jiwa.
Info lebih jauh, cerita kasus per kasus, bisa dibaca di judul lainnya di link ini (yg sedang anda baca), www.bungatelangmartaniprambanan.blogspot.com
Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk detil info dan pemesanan produk Martani Pangan Sehat. Pinarak Warung Kopi Luwak Jogjabika Prambanan.

Deep Purple Telang Jeruk Rosella

Teh biru bunga telang boleh Jeruk ungu bunga telang asik juga Tambah rosela jadilah deep purple jossss... Buat sendiri minuman mu B...