Selasa, 10 Oktober 2017

Asun Anak Sungai dan Bunga Telang Martani

Para PERINTIS begitu sebutan kelompok Asun dkk yg mampir ke Pawon Martani Tulung Kalasan. Mengamati Pendi yg sedang membuat teh celup biru bunga telang. Oh buat teh tuh begitu aja ya.

Memang mudah kok. Gak perlu alat rumit. Kalau mau produksi masal tentunya butuh mesin, pekerja, modal dll dll. Kita kan sedang mengarahkan agar petani dan ibu rumah tangga biasa bisa mempraktekkan hidup sehat dengan cara yg mudah dan murah. Mari sini mampir ke Martani Kak kalau mau tahu lebih jauh tentang olahan bunga telang.


Saling belajar, saling memberi masukan memperbaiki diri, saling membeli produk kawan, menjualkan ke kawans lainnya. Dan terus viral pangan lokal sehat terus bergulir. Menjadi perintis untuk satu hal yg kita sukai adalah cerita tiada habisnya. Gimana mau liburan atau break, wong yg kita lakukan sehari-hari adalah liburan dan break dari kerumitan main stream yg dulunya pernah dilakukan. 


Bahwa kulit kedelai lokal punya zat khusus yg baik untuk merevitalisasi kerusakan organ pencernaan, tutur sang mbak. Padahal ada banyak kulit ari kacang kedelai yg dibuang karena rasanya memang langu. Apakah ada produk yg bisa dihasilkan dari limbah kulit ari kedelai lokal?

Catet yah kedelai lokal bukan kedelai impor. Kenapa? Karena yg impor benihnya GMO. Nah apa pulak itu GMO.


Obrolan di Pawon Martani Tulung Kalasan terus bergulir. Hanya jadwal penerbangan lah yg menghentikan cerita kawan lama yg kemudian ketemu kawan baru. Lingkaran kawans terus bertambah. Bersemangat membawa cerita bunga telang pewarna alam ke seluruh pelosok Nuswantara.




Sudirman Asun‏ 
@SudirmanAsun
Following @SudirmanAsun
More
Replying to @berasmartani
@berasmartani bunga Telang @kedaijatam @terminalbenih @jatamnas berjaya di kanopi bambu karya @CiliwungBojong bang @mbcaping

di setiap kota dimana kita punya kawan, ajak mereka menanam bunga telang. pesannya jelas. pakailah pewarna alami makanan yg bisa kita tanam di halaman rumah. kalo perlu gak usah beli produk pabrikan pengawet pemanis buatan. 



Anak Milenia dan Bunga Telang

Mari kita buat perubahan dari desa tempat kita tinggal. Kalau selama  ini, yg buat gelombang adalah orang kota, mari kita berbenah dan melih...