Monday, June 10, 2024

Kenyang Tanpa Nasi

Kalau kita ditanya apa makanan pokok orang Indonesia? NASI!

Mari kita lihat lebih seksama. Mungkin cerita singkat Martani di suatu hari Minggu di Taman Rempah Martani, bisa membuat pendapat anda berubah. Lala dan beberapa teman dari PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) 2024 datang dan memasak bersama beberapa jenis makanan yang biasa terhidang di Ternate. Teman-teman Lala adalah utusan dari berbagai universitas di seluruh pelosok negri, ada dari Sumatera Utara, Palembang, Padang, Bengkulu, Lombok, Sulawesi Tenggara, dan Ternate. 

Hidangan Ternate Poto by KOB Modifikasi By Aleksa


Mengenalkan masakan lewat kegiatan bersama memasak adalah menyenangkan. Kami memulai dari membersihkan ikan dan sayuran, memotong, memasak dan menyajikannya. Putar papeda adalah sebuah show tersendiri saat dua buah stick kayu digunakan untuk memutar papeda, menggulung dan menaruh di piring yang sudah diairi sayur kuah kuning, untuk menghindari lengket ke piring.



Menu makan Ternate: papeda, sayur ikan kuah kuning, gohu, oseng kangkung, sambal dabu-dabu. Ada juga ikan goreng yang terlihat di poto pertama. Minuman Telang Sari, Wedang Martani dan Wedang Biru turut serta. Seperti juga nasi yang mendominasi makanan pokok kita, minuman juga begitu. Aneka rempah yang kita punya menantikan untuk dieksplorasi. Telang dan rosela memberi rasa unik asam yang menyegarkan, apalagi tampilan warna magenta yang timbul karena kombinasi ini. Masih ada rempah lainnya seperti daun sereh wangi, kapulaga, jahe, jeruk.

Gohu adalah masakan yang paling mendapat atensi semua dari yang hadir hari Minggu ini. Potongan ikan segar yang dimarinasi selama 5-10 menit, tambahkan potongan bawang, kemangi, dan cabe jika suka pedas. Bumbunya hanya garam saja. 3-5 sendok minyak kelapa VCO yg dipanaskan ditambahkan untuk memberi rasa gurih.



Kelak kembali ke rumah masing-masing, membawa cerita dan rasa tentang betapa kayanya Nusantara kita dengan berbagai bahan pangan lokal dan cara memasaknya. Mari kita hargai dan nikmati rasa Nusantara.
Lala dkk PMM 2024 Poto by KOB Modifikasi By Aleksa

 

No comments:

Featured Post

Telang di Cikadu Bingkeng Dayeuhluhur

Dalam satu kesempatan ngobrol dengan ibu-ibu di Cikadu, kami mendengar bahwa mereka tidak suka menyeduh pala, kapol, sereh atau rempah-rempa...