Rabu, 24 Januari 2018

Untuk Apa Teh Biru Bunga Telang

Bunga telang sebagai pewarna makanan lebih dahulu dikenal di Thailand dan Malaysia. Beberapa komunitas mengembangkan bunga telang sebagai pewarna kain. Di Indonesia begitu juga di Amerika baru tahun 2000an saat traveler dan food blogger booming, begitu juga bunga telang dikenal masyarakat. Di tempat nenek kami di sebuah desa di Jawa Barat, kami biasa menggunakan bunga telang untuk permainan masak-masakan saat anak-anak dulu.

Kenapa tidak berkembang bunga telang padahal kandungan herbal dan warnanya sangat menarik? Kebiasaan ngeteh tidak ada waktu khusus. Seteko teh disiapkan dan siapa saja bisa ambil sendiri di dapur. Tidak seperti di Inggris misalnya, dimana tea-time menjadi kebiasaan di sore hari.

Nge-teh bisa menyelesaikan persoalan dan kerumitan pikiran. Utamanya teh biru bunga telang. Rasa birunya memberi sensasi tenang dan merilekskan syaraf. Ada juga lho orang yg bisa mengecap rasa biru ahhhh ....

Khasiat Teh Biru Bunga Telang

Seperti juga teh hijau, teh biru bunga telang mengandung antioksidan tinggi. Sudah ada studi untuk menunjukkan kelebihan teh biru - melindungi kulit agar mampu menahan terjadinya penuaan salah-satunya.

... it fights against glycation, which is protein damage caused by an influx of sugar molecules.

There have been additional studies showing the tea’s ability to help fight against internal inflammation. Traditionally, the Butterfly Pea plant and tea made from it have been used to treat general pain, reduce inflammation, help with common eye issues like conjunctivitis, fight against certain types of cancers, induce brain health, and “increase vitality.”

Testimoni yg kami terima terkait khasiat bunga telang, minum teratur berhasil menghaluskan kulit, mengeringkan jerawat. Seorang ibu yg punya anak ABG memberikan komentar saat repeat order bunga telang kering siap seduh.

Berhasil mengurangi berat badan ungkap seorang konsumen dalam sebuah pesan singkatnya, juga dalam repeat ordernya. Teh biru bunga telang menjadi minuman sampingan selain jadwal pengaturan pengurangan karbo harian.

Berbeda dengan teh yg biasa kita minum, teh biru tidak mengandung tanin, sehingga aman untuk lambung. Zat tanin mengikat zat besi sehingga mengurangi penyerapan vitamin yg dibutuhkan tubuh. Mengganti konsumsi teh dengan teh biru memberi kesempatan usus bekerja optimal.


Teh Biru Bunga Telang

Cara pembuatan segelas teh biru bunga telang:
  • Ambil 3-5 bunga telang kering (atau bunga segar)
  • Taruh di dalam geas
  • Tuang air mendidih ke dalam gelas yg berisi bunga telang
  • Diamkan 3-5 menit
  • Tambahkan gula, madu, jika suka
  • Siap dihidangkan
Penambahan perasan jeruk (asam bisa diganti dengan buah markisa atau asam jawa) akan mengubah teh biru menjadi ungu. Magic tea! Tontonan menarik untuk anda saat berkumpul dengan keluarga.

Lebih sehat dong daripada minuman sasetan yg pake pewarna entah apaan, pemanis yg buatan dan pengawet tentunya.

Untuk pembuatan teh biru dalam jumlah banyak:
  • Didihkan air dalam panci
  • Tambahkan bunga telang sebanyak 5 gram (sekitar 100 bunga telang)
  • Biarkan mendidih menjadi air biru
  • Tambahkan daun pandan jika suka. Daun pandan bisa diganti dengan sereh wangi (lemon grass bedakan dengan sereh masak)
  • Pindahkan air biru panci ke dalam teko / wadah air minum ukuran besar
  • Tambahkan air matang sesuai selera. Perhatikan perubahan warna biru menjadi lebih biru muda.
  • Tambahkan gula dan es jika suka
Kontak Najib 0811.2640.242 untuk detil info dan pemesanan produk @tanindi.id (IG). Atau melalui toko online Shopee (www.shopee.co.id/maguantara5678).

Referensi

https://greenblender.com/smoothies/8825/what-is-butterfly-pea-flower-tea

https://gonjreng.com/nge-teh-deh-kelar-problem-lo/

Kebun Bunga Telang Martani Karangmojo

Ini adalah kebun bunga telang yg mulai ditanami bulan Maret lalu. Sudah 8 bulan lah sampai November ini. Menjadi kebun percobaan permakultur...