Sunday, May 13, 2018

Anak Milenia dan Bunga Telang

Mari kita buat perubahan dari desa tempat kita tinggal. Kalau selama  ini, yg buat gelombang adalah orang kota, mari kita berbenah dan melihat kembali apa yg ada di desa. Tinggal di Dusun Tulung, Desa Tamanmartani, tidak menjadikan kami di Martani terbelakang dan tidak menyumbang kepada derap pembangunan. Acara rutin ngobrol ngalor-ngidul rutin terjadi di Pawon Martani Tulung Kalasan.

Kok bisa?

Anak muda di Pawon Martani Tulung Kalasan
Bisa!

Mahasiswa Peneliti dan Penelitian Bunga Telang 

bb

Dari Bunga Telang ke Batik Bayat Pewarna Alam

bb





Petani Bunga Telang

Siapa petani produsen bunga telang?

Perkenalkan ini si Mbah petani bunga telang di Dusun Tulung, Desa Tamanmartani, Kalasan Jogjakarta. Pada awalnya kami kesulitan mencari kawan petani yg mau lahannya ditanami bunga telang.
150 Bunga Telang Segar per Pohon per Hari. Mau?

Ketekunan Kunci Keberhasilan

Dari awal waktu kita bertemu di pertengahan tahun 2016, si Mbah memang sudah pengecualiaan. Dia tidak menyemprot herbisida untuk mematikan rumput di sela tanaman sayuran di kebun dan sawahnya.

Ora ngerti nyemprot, begitu katanya. Tidak pernah nyemprot (herbisida-red).

Kenapa Mbah?

Panenan Harian Bunga Telang
xxx
Bunga Telang Single dan Bunga Telang Tumpuk

Biji Bunga Telang
Pada awalnya kami tidak menjual biji bunga telang. Kami memberikan biji bunga telang kepada pembeli produk Martani Pangan Sehat yg berminat menanam bunga telang. Keinginan untuk bukan saja menyediakan bahan pangan sehat tetapi juga melakukan ajakan tentang pentingnya menyadari soal gaya hidup sehat. Bahayanya pewarna makanan sintetis yg banyak ditemukan. Sedangkan kita punya banyak pewarna alami di sekitaran kita yg numbuhinnya tidak susah.

Jeruk Ungu Bunga Telang
Bunga telang seduh air panas.

Chiffon Cake Glutenfree Biru Bunga Telang

Mei 2017 Permakultur Bunga Telang & Cabai





No comments:

Featured Post

IG Martani.Organic Kena HACK

Hari Rabu 13 Maret 2024, instagram milik kami, namanya MARTANI.ORGANIC diretas orang tidak bertanggung-jawab. Mereka memposting produk dan m...